EKSTRAKSI SEMUA BAB
A. BAB I
Bab 1 berjudul “Melaporkan Hasil Percobaan” mengajarkan siswa bagaimana menyusun teks laporan percobaan secara sistematis, mulai dari memahami fungsi dan definisi genre, mengenali struktur dan kaidah kebahasaan, hingga praktik menyajikan laporan tertulis. Materi pokok meliputi fungsi teks laporan, pengertian, model teks (pengamatan dan eksperimentasi), simpulan tujuan-bahan-langkah-hasil, struktur teks, ciri kebahasaan, serta teknik penyajian laporan percobaan .
B. BAB II
Bab 2 “Menyampaikan Pidato Persuasif” pada Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013 (Revisi 2018) mengajarkan siswa cara menyusun dan menyampaikan pidato yang bertujuan memengaruhi pendengar untuk melakukan sesuatu. Kompetensi yang dikembangkan meliputi mengidentifikasi struktur, ciri kebahasaan, pokok-pokok isi, serta menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif. Materi dibagi ke dalam dua pokok utama: teks pidato persuasif itu sendiri dan kemampuan menyimpulkan pesan atau arahan yang terkandung. Siswa juga dibekali indikator pencapaian yang jelas, mulai dari memahami struktur hingga menganalisis unsur-unsur kebahasaan, yang kemudian dipraktikkan melalui latihan menulis dan menyampaikan pidato secara lisan .
C. BAB III
Bab 3 “Menyusun Cerita Pendek” Menelaah struktur dan kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar. Menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman atau imajinasi. Menganalisis unsur intrinsik dalam cerita pendek (cerpen). Menyusun cerita pendek dengan memperhatikan struktur, isi, dan kebahasaan yang tepat.
D. BAB IV
Bab 4 "Memberi tanggapan dengan santun" Menelaah struktur dan kebahasaan teks tanggapan terhadap isi buku fiksi dan nonfiksi. Menyusun teks tanggapan terhadap isi buku fiksi dan nonfiksi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.Memahami cara menyampaikan tanggapan terhadap sebuah karya dengan bahasa santun dan logis. Menyusun teks tanggapan secara lisan maupun tulisan.
E. BAB V
Bab 5 " Menyajikan Teks Diskusi " Menganalisis struktur teks diskusi. Menulis teks diskusi yang baik, mengemukakan dua sudut pandang (pro dan kontra). Menyampaikan pendapat secara sopan, argumentatif, dan logis.
F. BAB VI
Bab 6 “Menyusun Cerita Inspiratif” mengajak siswa memahami dan memaknai kehidupan melalui teks cerita inspiratif, dengan menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen (penokohan, latar, alur, sudut pandang, tema), struktur, ciri kebahasaan, serta praktik menyusun teks inspiratif secara mandiri .
Comments
Post a Comment